Mencegah Kerusakan Diri, Kerusakan Alam, dan Kerusakan negara dengan Konsisten Ber-Istighfar, Perbanyak Minta Ampunlah Kepada Allah

Mencegah Kerusakan Diri, Kerusakan Alam, dan Kerusakan negara dengan Konsisten Ber-Istighfar, Perbanyak Minta Ampunlah Kepada Allah
Manusia adalah tempatnya melakukan kesalahan dan dosa, dimana pun dalam setiap harinya manusia tidak bisa lepas dari melakukan kesalahan dan melakukan dosa, baik itu dosa kecil maupun dosa besar.

KITASAMA.OR.ID – Tidak ada permintaan (manusia) yang paling baik disisi Allah kecuali permintaan ampunan terhadap dirinya sendiri. Orang yang paling baik adalah orang yang meminta kepada Allah hanya mengharapkan ampunan dari kesalahan dan dosa-dosanya.

Adapun permintaan yang paling buruk adalah permintaan untuk menjadi orang kaya, permintaan mendapatkan jabatan yang tinggi, dan permintaan untuk mendapatkan pasangan hidup (suami-istri) yang cantik atau tampan wajahnya.

Bacaan Lainnya

Manusia adalah tempatnya melakukan kesalahan dan dosa, dimana pun dalam setiap harinya manusia tidak bisa lepas dari melakukan kesalahan dan melakukan dosa, baik itu dosa kecil maupun dosa besar.

Dosa-dosa kecil yang sering dilakukan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari adalah seperti dengki terhadap teman, membenci saudara sesama muslim, berkata kasar kepada orang tua, berkata tidak sopan kepada gurunya, iri dengan capaian atau kepemilikan tetangganya, menyakiti tetangganya, melalaikan sholat dan menunda-nundanya, merasa bisa melakukan sesuatu (padahal semuanya milik Allah), dan sebagainya.

Dosa-dosa besar yang sudah banyak terjadi di tengah-tengah kehidupan masyarakat dan bahkan sudah dianggap biasa adalah minum-minuma haram seperti tuak, arak dan bir; melakukan perzinaan; mencuri barang milik orang lain; korupsi dana negara; membuang sampah sembarangan sehingga menyebabkan pencemaran; mengkonsumsi makanan yang diharamkan; mencuri barang milik tetangga; dan melupakan kewajiban sholat lima waktu atau meninggalkannya.

Dosa-dosa besar yang tidak disadari dan sering dilakukan oleh seorang pelajar atau murid madrasah adalah berkata kasar kepada gurunya, baik melalui tulisan chating watshapp atau secara langsung dihadapannya.

Menulis status di watshapp, status di facebook, unggahan video di youtube, dan bentuk media virtual lainnya haruslah dengan kata-kata atau ucapan yang baik yang tidak menyakitkan bagi pembacanya. Karena setiap tulisan status atau video di media virtual yang bisa membuat kemarahan dan kebencian orang lain merupakan perbuatan dosa dan termasuk dosa besar. 

Adanya bencana alam seperti gelombak tsunami, penyebaran virus, gempa bumi, banjir, kerusuhan dan kerusakan alam lainnya disebabkan oleh perilaku manusia sendiri, termasuk banyaknya manusia yang melakukan dosa-dosa besar dan dosa-dosa kecil.

Oleh sebab itu, cara terbaik dan cara paling ampuh untuk mencegah kerusakan alam dan kehancuran masyarakat adalah meminta ampun kepada Allah.

Meminta ampun kepada Allah bisa dilakukan tiap hari, siang malam, pagi dan petang. Memperbanyak berdzikir dan selalu membaca istighfar setiap selesai sholat lima waktu.

Waktu yang paling utama memohon ampun atau membaca istighfar kepada Allah adalah pada tengah malam sebelum shubuh (disertai sholat tahajud), setiap selesai sholat lima waktu, waktu diantara adzan dan iqomah, Ketika selesai melakukan sholat dluha, menjelang tidur setelah sholat witir, dan ketika sedang melakukan suluk i’tikaf (berkhalwat) di masjid atau surau.

Jika kita sedang tidak sadar atau dengan sadar melakukan kesalahan atau sedang dihadapkan pada suatu permasalahan, maka segeralah untuk mengucapkan “astaghfirullah” niscaya hati menjadi tenang dan tentram. (Moh. Syihabuddin)

Pos terkait